Kamis, 23 Juli 2009

Pelatihan Pembelajaran PAI Berbasis Multimedia

Sejak "dihidupkan kembali" tiga tahun yang lalu, Direktorat Pendidikan Agama Islam (Ditpais) Depag RI terus bergerak membenahi kondisi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) seluruh Indonesia. Hal ini tidak lain agar seluruh aspek pembelajaran PAI semakin baik.
Salah satu kekurangan guru PAI secara keseluruhan adalah lemahnya penguasaan teknologi informatika (TI) untuk dijadikan sebagai sumber dan sarana pembelajaran PAI. Mengatasi hal itu Subdit Kurikulum dan Evaluasi sebagai salah satu subdit Ditpais kembali menyelenggarakan pelatihan "Penyusunan Bahan Ajar PAI Berbasis Multimedia" untuk guru PAI SD dan SMP.

Pelatihan Guru PAI SD
Sudah saatnya guru PAI di tingkat SD menguasai TI karena disamping mengefektifkan pembelajaran juga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Pada umumnya murid-murid SD menyukai animasi dan kartun. Maka pembelajaran menggunakan animasi dan kartun akan sangat memancing peserta didik SD untuk belajar dengan baik.
Pelatihan untuk guru PAI SD akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Juli 2009 di Hotel Endah Parahyangan Jl. Cibeureum no. 14 Bandung. Peserta merupakan guru-guru PAI SD dari 33 provinsi. Mereka adalah utusan-utusan provinsi yang dinilai oleh Kanwil Depag provinsi masing-masing menguasai IT dengan baik. Diharapkan setelah kembali ke tempat asalnya mereka mampu mengembangkan, memanfaatkan dan menularkan kemampuan mereka dalam pembelajaran PAI berbasis multimedia kepada rekan sejawatnya.
Di Bandung mereka akan mendapat materi video editing (Vivtor Sikumbang), Pemanfaatan Internet sebagai Sumber dan Sarana Pembelajaran PAI dan membuat edu blog (Agus Sampurno) dan Power Point 2007 (Iin Hermiyanto). Untuk mengetahui hasil pelatihan, di akhir pelatihan peserta harus unjuk kemampuan. Ketiga materi tersebut dipandang perlu dikuasai guru PAI SD.

Pelatihan Guru PAI SMP
Bagi guru PAI SMP, ini adalah pelatihan yang kedua, pelatihan pertama sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2009. Pada pelatihan I peserta diharuskan mengerjakan PR berupa membuat tayangan materi PAI berdasarkan Standar Isi.
Pelatihan guru PAI SMP akan berlangsung tanggal 27 - 29 Juli 2009 di tempat yang sama.
Materi yang akan disampaikan adalah pengayaan Power Point 2007 (Muh. Ahsan), Flash Macromedia (Novan Zulkarnain), PPT2 Video Converter (Vivtor Sikumbang) dan editing video/audio. Materi PPT2 VC cukup inovatif, melalui materi ini guru dapat mengatasi kesulitan penayangan PP 2007 bila tidak ada laptop/komputer dan LCD proyektor, jelasnya peserta akan diajarkan bagaimana menayangkan PP2007 di TV. Nah kan! Menjelang penutupan peserta juga akan unjuk kemampuan menerapkan ilmu yang telah diperoleh.

Ok, selamat mengikuti pelatihan, semoga bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran PAI di Indonesia tercinta ini.





Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

SMK Al Amanah Family Gathering

SMK Al Amanah Family Gathering
Berbagi untuk Maju Bersama

Followers

  ©Rofiq Indonesia. Template by Dicas Blogger.

TOPO