Selasa, 27 Januari 2009

Educator Sharing Network Sampoerna Foundation

Sudah sering saya dapatkan informasi tentang Sampoerna Foundation yang peduli terhadap dunia pendidikan. Akhirnya tanggal 23 Januari 2009 yang lalu saya meluncur ke Sampoerna Strategic Square North Tower lantai 25 untuk mengikuti "Educator Sharing Network".Diikuti oleh sekitar 100 peserta, acara bertajuk “Digital Natives vs Digital Immigrants” yang difasilitasi Agus Sampurno ini berlangsung dengan penuh greget.

Kita disadarkan bahwa kemajuan IT memposisikan orang-orang yang lahir sebelum era digital menjadi pendatang di dunia digital, sedangkan anak-anak dan siswa-siswa menjadi penduduk aslinya karena mereka lahir di era digital tersebut. Kita menjadi gagap menghadapi digitalisasi dunia, lambat beradaptasi dibanding mereka.

Banyak dampak positif dan negatif yang menghadang mereka yang membuat kita serba curiga terhadap IT. Sementara derasnya kemajuan IT tidak dapat dibendung. Apa yang harus kita lakukan?
Sebelum menghakimi tentang kemanfaatan IT hendaknya kita mengatahui lebih dalam tentang IT tersebut, jangan langsung hantam sementara informasi masih minim, siapa tahu ternyata banyak manfaatnya. Arahkan mereka untuk menggunakannya secara arif dan menambah wawasan, pengetahuan dan penyadaran akan kakuasaan Tuhan. Oleh karena itu perlu ada benteng yang kuat agar mereka dapat memilah dan memilih informasi yang bermanfaat. Saat ini banyak 'software' untuk memblokir situs-situs porno yang bisa diinstal di komputer, tapi yang penting adalah bagaimana 'software' tersebut juga terinstall di jiwa anak dan siswa kita.(**)




Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

SMK Al Amanah Family Gathering

SMK Al Amanah Family Gathering
Berbagi untuk Maju Bersama

Followers

  ©Rofiq Indonesia. Template by Dicas Blogger.

TOPO