Selasa, 27 Januari 2009

Ujian PAI distandarnasionalkan

Menjelang setiap akhir tahun perhatian siswa, guru, orang tua dan stakeholder pendidikan lainnya tertuju pada kelulusan siswa berdasarkan mata pelajaran yang di UNkan. Tidak heran jika siswa mati-matian di-les-kan agar mereka mencapai 'passing grade' UN yang setiap tahun dinaikkan. Hal ini menjadikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA menjadi istimewa karena menentukan masa depan siswa. Namun tidak demikian dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), pelajaran ini hampir-hampir dikesampingkan dari percaturan UN, kewibawaannya kurang dibanding keempat pelajaran UN tersebut karena tidak diUNkan.

Sebagai upaya pemetaan dan peningkatan wibawa PAI, maka tahun 2009/2010 mendatang mulai diselenggarakan Ujian Sekolah Standar Sekolah PAI (USSN PAI) pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Tahun ini mulai disusun berbagai persiapan teknis seperti penyusunan naskah akademis, POS, kisi-kisi, dan contoh soal. Selanjutnya diadakan ujicoba di beberapa wilayah.

Setelah diujicobakan akan dilaksanakan evaluasi serta diperbaiki kelemahan-kelemahannya agar pada tahun pelajaran 2009/2010 dapat dilaksanakan dengan baik.(**)

3 Comentários:

Badiyo mengatakan...

Wah hebat pak Rofiq. Selamat ngeblog dan selamat berkarya. Semoga sukses.

iyuth_ahmad mengatakan...

pai di unaskan? ini hanya akan menjadikan pembelajaran pai semakin kognitif centred dan mengabaikan aspek afektif yg seharusnya menjadi titik tekan pembelajaran pai...
sebuah langkah yang gegabah hanya untuk menaikkan wibawa guru pai terlebih Depag yang ga mau kalah dg pamor dg diknas...
pembelajaran pai esensinya terintegrasi dlm semua mata pelajaran lainnya, jika di unaskan maka pai akan kehilangan esensinya tersebut..
Pikirkan matang demi moral generasi bangsa!!!

rofiquez mengatakan...

trims pak badiyo.tentu saja bukan itu saja alasannya sdr iyuth ahmad.langkah ini sudah melalui kajian panjang yang melibatkan pakar pendidikan dari depag sendiri maupun BSNP dan
depdiknas,kedua lembaga tsb mendukung.perkembangan berikutnya bukan hanya pai tapi jg pend.agama kristen,protestan,hindu,budha dan konghucu.ketiga aspek tetap diperhatikan,aspek kognitif diuji dengan utul,kognitif dan psikomotor diserahkan pd gpa melalui pengmtn n tes perbuatn.utk pai aspk psikmtr yg distandarnasionalkan adalah kemampuan baca al quran.kelulusan tetap diserahkan kpd skolah.dmikian jg rakor dg kadindik prov. n kab/kota sudah merata jd sdh on the track.klwpun blm bisa dilaksnkan th ini,maka dilksnkan dlm bentuk ujicoba yg diperluas.

Posting Komentar

SMK Al Amanah Family Gathering

SMK Al Amanah Family Gathering
Berbagi untuk Maju Bersama

Followers

  ©Rofiq Indonesia. Template by Dicas Blogger.

TOPO