Kamis, 22 Januari 2009

Menjadi Berarti


"Manusia yang terbaik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain"
(Dikatakan oleh Rasulullah Muhammad SAW, sekitar 1400 tahun yl)

Alam semesta ini diciptakan Allah SWT. dalam harmoni dan keseimbangan. Apapun dia, bagaimanapun bentuk dan wujudnya, pasti memiliki manfaat bagi makhluk lainnya. Cacing misalnya, sebagian kita melihatnya sebagai makhluk yang menjijikkan, simbol kekotoran dan hidupnyapun di tempat yang kotor. Tapi siapa sangka ternyata tanpa cacing tanah tidak akan subur, menumbuhkan tetanaman yang tertancap padanya, dan hasilnya menjadi santapan manusia. Siapa yang kotor?

Bagaimana dengan kita yang jauh lebih berakal dari sekedar cacing? Apa manfaat yang bisa kita berikan kepada sesama dan teman-teman kita makhluk Allah?

Dengan potensi dan kompetensi yang masing-masing kita miliki, kita bisa menjadi bermanfaat (berarti) bagi sesama. Berikan dan bagilah apa yang kita punya walau hanya seuntai kata manis, seulas senyuman tulus dan seraut wajah penuh kasih. Allah Maha Kaya, Dia tidak akan mengurangi bila kita memberi, bahkan Dia akan menambahkannya. Mereka yang kita beri tentu akan sangat bergembira. Doanya akan terpanjat kepada Dzat Yang Maha Kaya dan Allah memperkenankan doanya.

Tentunya kita tidak bisa memberi apa yang tidak kita punya. Bila kita belum bisa memberi materi, cukuplah kebijakan. Maka perkayalah batin kita dengan kebijakan.

Berat memang untuk menjadi "manusia pemberi arti", tapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Marilah kita mulai mencoba dari sedikit, dari diri kita, dan dari sekarang.

Selamat menjadi Manusia Berarti!!


Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

SMK Al Amanah Family Gathering

SMK Al Amanah Family Gathering
Berbagi untuk Maju Bersama

Followers

  ©Rofiq Indonesia. Template by Dicas Blogger.

TOPO